CS onformula SMS onformula WA onformula SMS onformula

Cara Mengatasi Ejakulasi Dini Dengan Penanganan Mandiri Sebelum ke Dokter

Begini cara menangani sendiri ejakulasi dini sebelum memutuskan untuk berkonsultasi ke dokter
316 pembaca

gambar Cara Mengatasi Ejakulasi Dini Dengan Penanganan Mandiri Sebelum ke Dokter

Pengertian Ejakulasi Dini

Ejakulasi dini merupakan kondisi dimana seorang pria mencapai klimaks (mengeluarkan sperma) terlalu cepat ketika melakukan hubungan seksual.

Penyebab Ejakulasi Dini

Ada 2 faktor penyebab ejakulasi dini.
Pertama, faktor psikologis. Contoh hal yang berkaitan dengan faktor psikologis di antaranya:

  • Rasa cemas tidak bisa memuaskan pasangan
  • Stres
  • Adanya masalah yang terjadi antara pria dan pasangan
  • Depresi
  • Pengalaman traumatis masa kecil (misalnya pernah dilecehkan secara seksual atau pernah tertangkap basah melakukan onani)
  • Sering melakukan onani ketika remaja dengan memaksakan diri untuk ejakulasi dengan cepat akibat rasa bersalah atau takut tertangkap basah

 Kedua, faktor fisik. Ejakulasi dini dapat dipicu oleh masalah yang berkaitan dengan fisik, di antaranya:

  • Mempunyai penis yang terlalu sensitif
  • Adanya gangguan tiroid
  • Adanya gangguan prostat
  • Adanya gangguan hormon
  • Peradangan atau infeksi di dalam uretra atau prostat
  • Gangguan refleks pada sistem yang mengatur ejakulasi
  • Gangguan kadar neurotransmiter di dalam otak
  • Kerusakan saraf akibat cedera atau operasi
  • Dampak buruk yang diakibatkan oleh rokok dan minuman beralkohol
  • Keturunan. Artinya seseorang memiliki risiko lebih tinggi mengalami ejakulasi dini jika di dalam keluarganya ada yang memiliki kondisi sama.

Penanganan Ejakulasi Dini

Agar hubungan seks Anda berjalan dengan baik dan memuaskan, ejakulasi dini mesti diobati. Berikut ini cara-cara penanganan ejakulasi dini:

#Penanganan ejakulasi dini dengan obat-obatan

Golongan obat untuk mengatasi ejakulasi dini salah satunya adalah selective serotonin reuptake inhibitor (SSRI). Golongan obat ini sebetulnya sebagai antidepresan atau obat pereda depresi. Namun ternyata SSRI juga memiliki efek yang dapat menunda ejakulasi dan banyak diresepkan oleh dokter.

Jenis obat golongan SSRI yang umum digunakan dalam mengatasi ejakulasi dini adalah fluoxetine, sertraline, dan paroxetine. Ketiga jenis obat ini memiliki efek samping yang tergolong ringan, seperti tubuh terasa lelah dan menjadi sering berkeringat, mual, muntah, dan diare. Efek samping tersebut akan reda setelah tubuh menyesuaikan diri dengan obat selama beberapa minggu.

Cukup banyak penderita ejakulasi dini yang mengaku mengalami kemajuan atas kondisinya setelah menggunakan obat-obatan SSRI selama 7-14 hari. Bahkan ada beberapa pria yang langsung merasakan efeknya setelah mengkonsumsi obat dimulai.

Ada satu jenis obat SSRI lainnya yang memiliki reaksi pengobatan lebih cepat ketimbang tiga jenis obat di atas, yaitu dapoxetine. Penggunaan obat ini biasanya diminum 1-3 jam sebelum melakukan hubungan seksual. Efek samping dapoxetine meliputi rasa mual, sakit kepala, dan pusing.

Walaupun memiliki reaksi yang lebih cepat, namun obat ini tidak dianjurkan bagi penderita ejakulasi dini yang memiliki riwayat penyakit ginjal, jantung, dan hati.

#Penanganan mandiri

Penanganan mandiri adalah cara yang dapat Anda lakukan sendiri sebelum memutuskan pergi ke dokter.

Langkah yang mesti Anda lakukan adalah dengan relaksasi. Beberapa teknik relaksasi atau teknik untuk mengalihkan perhatian, masalah ejakulasi dini bisa teratasi. Mari ikuti petunjuk berikut ini.

Saat berhubungan seks, cobalah untuk melakukan posisi seksual dengan wanita di atas. Tujuannya agar pasangan Anda bisa dengan mudah menarik diri ketika Anda mulai mendekati ejakulasi. Setelah rasa ingin ejakulasi telah hilang, Anda bisa kembali melanjutkan penetrasi.

Untuk menahan refleks ejakulasi, Anda bisa melakukannya dengan cara mengambil napas dalam-dalam dan beristirahat sebentar. Sambil beristirahat Anda dapat mengalihkan pikiran ke hal-hal lain agar keinginan untuk ejakulasi menurun.

Cobalah cara tersebut di atas setiap kali Anda melakukan hubungan seks. Lama kelamaan Anda akan mampu mengontrol ejakulasi Anda.

Baca juga: cara mengatasi ejakulasi dini secara alami

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan masturbasi satu atau dua jam sebelum berhubungan seks. Hanya saja cara ini akan kurang efektif bagi pria yang sudah tidak muda. Sebab setelah masturbasi, biasanya akan sulit ereksi lagi dengan sempurna.

Jika penis Anda sangat sensitif, penggunaan kondom tebal juga dapat membantu menurunkan sensasi, sehingga ejakulasi bisa ditunda.


order minyak lintah, neo ml super oil yang berkhasiat untuk membesarkan mr.p dan menyembuhkan enjakualsi dini

Artikel Lain:

Bagikan Artikel ini, Yuk!

Artikel yang Mungkin Anda Suka